Monday, March 21, 2016

Mengaktifkan MySQL dari Xampp dengan Command Promt




Hai sobat DUASATU, jadi ceritanya setelah instal laptop, saya beralih memakai Xampp dari Wamp. Kenapa ?? ya karna saya tidak bisa menjalankan CodeIgniter 3 dengan Wamp, entah kenapa sebabnya saya pun juga kurang paham, namun saran dari dosen sih pake Xampp aja.

Singkat cerita saya langsung Uninstall deh tu Wamp, dan Instal Xampp. Nah pas di matakuliah lain yang mewajibkan pembuatan database menggunakan CMD saya kebingungan. Pusing deh nyari tombol di Xampp Control Panel buat masuk ke SQL Console, tapi ya emang gak ada.

Setelah googling kesana-kesini akhirnya saya menemukan cara nya agan Aidi Joda. Memang caranya agak rumit dan tidak segampang dengan menggunakan Wamp yang hanya satu kali klik. Namun tutorial kali ini saya posting untuk sobat DUASATU yang memiliki kendala kurang lebih sama dengan yang saya alami.

Untuk itu silahkan simak langkah demi langkah berikut dengan seksama :

  1. Aktifkan terlebih dahulu Xampp-nya sampai Apache dan MySQL berwarna hijau.
  2. Lalu buka Command Promt. Bisa dengan menekan Win+R, lalu ketikkan perintah "CMD" tanpa kutip.
  3. Setelah CMD tampil, ketikkan perintah berikut "cd c:/xampp/mysql/bin" tanpa kutip lalu Enter.
  4. Selanjutnya ketikkan perintah berikut "mysql -u root -p" tanpa petik lalu Enter.
  5. Lalu tekan enter sekali lagi.
Baiklah sekarang sobat sudah dapat menggunakan sintak MySQL di sini. Sebagai contoh sobat dapat melihat nama database dengan mengetikkan perintah "show databases;"

Terimakasih Sobat DUASATU sudah berkunjung, semoga bermanfaat, dan jangan lupa bagikan...


 




EmoticonEmoticon