Sunday, March 6, 2016

Menampilkan Template pada Code Igniter

Pada postingan kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial untuk menampilkan template pada Code Igniter. Sebelumnya bagi sobat DUASATU yang belum tau apa itu Code Igniter (CI) silahkan baca artikel sebelumnya disini.

Jika sobat sudah tau apa itu CI tentunya sobat sudah memiliki CI itu sendiri. Pada tutorial kali ini selain CI sobat juga membutuhkan Xampp atau Wamp, lalu notepad++ atau Edit+ sebagai media editor, Fierfox atau sejenisnya sebagai media eksekusi, jangan lupa download juga template disini atau disini.

Jika semua peralatan sudah dipersiapkan, langsung saja kita mulai langkah kerjanya. Silahkan simak dengan seksama.

Langkah Kerja : 
  1. Rename CI yang sudah di extract didalam htdoc / www menjadi "ci_template"
  2. Didalam folder ci_template, tambahkan folder baru dengan nama "assets"

  3. Lalu letakkan hasil extract dari template yang sudah di download sebelumnya kedalam folder "assets". 
  4. Selanjutnya edit file welcome.php yang ada di application >> controllers seperti gambar dibawah :

  5. Lalu tambahkan folder baru pada application >> view dengan nama "home" 
  6. Ambil file index.php yang ada di folder "assets" pindahkan ke application >> view >> home. Kemudian rename menjadi template.php
  7. Agar file css yang melengkapi template tidak kacau, maka kita perlu mengedit bagian link rel css nya seperti berikut :

  8. Diatas dapat kita perhatikan bahwa "href=" mengarah kepada  file css yang ada di dalam folder assets >> css >> style. Ini bertujuan agar temlate yang kita tampilkan dari folder view >> home tetap membaca file css-nya.
  9. Untuk menjalankan, silahkan buka browser di laptop sobat, lalu ketikkan "http://localhost/ci_template" kurang lebih tampilan yang saya miliki seperti dibawah ini :
Saya rasa cukup sekian postingan kali ini, mudah-mudahan membantu, jika terdapat kesalahan atau kekeliruan, saya mohon kritik dan sarannya. Terimakasih ...


EmoticonEmoticon