Thursday, March 17, 2016

Membuat XAMPP Berjalan Otomatis Saat Booting Windows



Terkadang memang repot jika setiap kali ingin membuat project yang berhubungan dengan PHP atau MySQL selalu harus mengaktifkan Xampp dengan manual. Namun sobat DUASATU jangan kawatir, kali ini saya akan berbagi tentang cara Membuat XAMPP Berjalan Otomatis Saat Booting Windows.

Langkah yang perlu kita lakukan sangat sederhana dan simple, bagi sobat yang belum punya Xampp, sobat dapat download disini.
Setelah terinstal, silahkan buka Xampp Control Panel, namun dengan cara Run as Administrator


Sebelumnya pada Module Service pada gambar di atas tidak ada centangan alias masih silang, Untuk mengaktifkannya sobat cukup klik pada kolom lalu pada notifikasi selanjutnya klik yes. Centangan dilakukan untuk Apache dan MySQL. Oh ya sobat tidak akan bisa mencentang jika Apache dan MySQL dalam keadaan running, untuk itu klik Stop terlebih dahulu.

Setelah itu sobat masuk ke bagian Config yang ada di atas button Netstat Berikan centang yang sama seperti gambar dibawah ini.
Setelah tercentang sesuai gambar, klik Save. Nah sobat DUASATU sudah bisa untuk merestart komputer atau laptop sobat, dan lihat hasilnya.
Ketika laptop dihidupkan, silahkan sobat buka aplikasi Browser seperti Firefox lalu ketik "http://localhost/ " Jika tampilannya seperti dibawah ini, berarti sobat sukses Membuat XAMPP Berjalan Otomatis Saat Booting Windows.



Cukup sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa share pada sobat yang lain ya, karna berbagi itu indah... Terimakasih