Sunday, April 3, 2016

Solusi Subtitle Film yg Tidak ditemukan Dalam Bahasa Indonesia



Sobat DUASATU bingung tidak menemukan subtitle Film dengan bahasa Indonesia ??? Jangan risau, karna salah satu teman saya sudah memberikan sebuah solusi jitu. Dan hari ini, akan saya share kepada sobat DUASATU sekalian.
Syarat mutlak yang harus sobat lengkapi yaitu koneksi internet, satu perangkat laptop, atau komputer. Jika sudah lengkap, saya akan menceritakan pengalaman saya.

Beberapa hari yang lalu saya berhasil mendownload sebuah film aksi yang belum keluar di bioskop melalui Layarkaca21.com , judulnya Arrowhead namun sayangnya, film ini tidak dilengkapi subtitle berbahasa indonesia. Sayapun bingung mencari subtitle di berbagai situs. Akhirnya pada situs ini saya menemukan subtitlenya, namun sangat disayangkan lagi subtitle yang ada hanya berbahasa Inggris dan bahasa Rusia. Setelah mendapatkan pencerahan dari teman saya ini, saya memutuskan untuk mendownload subtitile yang berbahasa Inggris tersebut, dan merubahnya ke dalam bahasa indonesia. Caranya bagaimana ?? Simak penjelasan berikut dengan seksama.

  1. Download subtitle yang merupakan sebuah file berekstensi "srt".
  2. Buka file tersebut dengan menggunakan notepad.
  3. Lalu tekan CTRL+A untuk seleksi secara keseluruhan.
  4. Tekan CTRL+C untuk mengkopi tulisan yang sudah diseleksi.
  5. Buka situs ini 
  6. Pastekan tulisan yang sudah dikopi tadi kedalam kolom Inggris
  7. Maka sobat akan mendapatkan translate bahasa indonesianya pada kolom sebelah kanan.
  8. Klik ikon seperti gambar dibawah untuk mengkopi tulisan secara keseluruhan.
  9. Lalu pastekan ke notepad yang tadi sudah dibuka, sebelumnya hapus dulu tulisan yang berbahasa inggris.
  10. Sejauh ini kita sudah berhasil mengubah subtitle tersebut kedalam bahasa Indonesia. Namun jika kita pakai ke dalam Film, hasilnya tidak akan sesuai.
  11. langkah berikutnya, edit subtitle tersebut agar dapat dipakai pada film tersebut.
  12. Tekan CTRL+H pada notepad yang berisi tulisan bahasa Indonesia.
  13. Setelah tampil seperti gambar diatas, ketik "->" (strip dan tutup kurung siku) pada kolom Find what.
  14. Pada kolom Replace with, ketik tulisan "-->" (double strip dan tutup kurung siku).
  15. Klik Tombol Replace All.
  16. Save
  17. Finish.
Wah, panjang juga ya caranya.. Tapi ini lah kenyataan jika kita tidak pandai berbahasa inggris. Untuk sobat DUASATU yang membaca postingan ini, jangan pernah bosan untuk belajar bahasa Inggris, karna Bahasa internasional ini sangat bermanfaat.
Terimakasih, silahkan tinggalkan komentar dan share jika bermanfaat.


Thank's to: Benny Hariyanto


EmoticonEmoticon